Arti Warna Dahak Yang Keluar Saat Batuk

Warna dahak yang keluar saat kita batuk bisa menjadi pertanda patogen apa yang sedang menyerang tubuh. Selain itu, jika yang keluar jumlahnya banyak, kemungkinan ada infeksi yang sedang berkembang didalam tubuh kita. Kenali Arti Warna Dahak Yang Keluar Saat Batuk dibawah ini.

Arti warna dahak saat batuk

Arti Warna Dahak Yang Keluar Saat Batuk | Sejatinya, tubuh kita adalah mesin pembuat dahak. Tubuh memroduksi sekitar satu sampai 1,5 liter dahak setiap hari, bahkan ketika Anda sehat.
"Dalam kondisi sehat, dahak berwarna bening dan kuantitasnya minimum," kata Dr. Matthew Exline, seorang pulmonologist di The Ohio State University Wexner Medical Center.
"Jika Anda batuk dan memroduksi dahak dalam jumlah yang signifikan, mungkin saja Anda memiliki infeksi atau alergi." Warna dahak dapat menunjukkan jenis penyakit yang sedang mengganggu kesehatan kita.

Arti Warna Dahak

  • Warna dahak hijau atau kuning
Mungkin Anda beberapa kali mengeluarkan dahak yang berwarna kuning atau hijau dan biasanya terjadi ketika Anda sedang diserang flu. Ya, warna dahak ini menandakan bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi virus atau bakteri.

Perubahan warna tersebut sebenarnya berasal dari sel-sel darah putih yang dikenal sebagai neutrofil yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh ke daerah infeksi. Neutrofil mengandung protein hijau, sehingga mempengaruhi warna dahak.

Pada awalnya, dahak berwarna kuning yang berarti bahwa infeksi bakteri atau virus belum terlalu parah. Kemudian berubah hijau akibat tubuh mengeluarkan banyak neutrofil untuk menyerang bakteri. Penyakit yang disertai dengan dahak yang berwarna hijau atau kuning yaitu:
  1. Pneumonia
  2. Bronkitis
  3. Sinusitis
  4. Cystic fibrosis
  • Warna dahak putih atau semi abu-abu
Dahak yang berwarna putih atau keabuan mengindikasikan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas atau nasal congestion (hidung tersumbat). Bahkan dalam keadaan yang kronis, dahak yang berwarna putih ini diakibatkan oleh gangguan sistem pencernaan, gagal jantung kongestif, serta penyakit paru kronis. Apabila dahak terus dikeluarkan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.
Warna dahak cokelat

Anda memiliki kebiasaan merokok? Jangan heran jika melihat warna dahak yang kecokelatan. Dahak yang berwarna cokelat ini berasal dari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam rokok, seperti resin, tar, dan lainnya.

Apabila Anda tidak merokok, namun pernah mengeluarkan dahak yang berwarna kecokelatan, bisa jadi warna cokelat tersebut tanda dari gumpalan darah yang sudah lama mengendap. Kondisi ini biasanya terjadi akibat luka pada paru-paru, bronkitis yang disebabkan oleh bakteri, dan pneumonia.  Terkadang, makanan yang Anda makan juga bisa membuat dahak menjadi cokelat, seperti kopi, anggur merah, dan cokelat.
  • Warna dahak hitam
Dahak yang berwarna hitam biasanya disebut dengan melanoptysis. Hampir sama dengan warna dahak cokelat, dahak yang berwarna hitam ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok yang parah. Sedangkan kondisi medis yang memungkinkan dahak berwarna hitam ini terbentuk adalah infeksi jamur Exophiala dermatitidis yang menyerang pernapasan serta pneumoconiosis (penyakit infeksi yang menyerang paru).
  • Warna dahak merah atau merah muda
Warna dahak yang kemerahan atau merah muda adalah tanda bahwa telah terjadi perdarahan di dalam saluran napas Anda. beberapa kondisi yang mungkin membuat Anda mengeluarkan dahak berwarna kemerahan, yaitu:
  1. Pneumonia
  2. Tuberkulosis (TBC) yang disebabkan oleh infeksi bakteri TBC
  3. Gagal jantung kongestif, yang terjadi akibat jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh
  4. Penyumbatan di pembuluh darah paru-paru.
Baca Juga : Agen Walatra | Makan Keju Secara Teratur Bisa Bikin Panjang Umur

Arti Warna Dahak Yang Keluar Saat Batuk

Arti Warna Dahak Yang Keluar Saat Batuk Arti Warna Dahak Yang Keluar Saat Batuk Reviewed by Unknown on 17.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.